WEBINAR GOVERNMENT & BASIC-ESSENTIAL SECTORS SYNERGIZE FOR POST-PANDEMIC ECONOMIC RECOVERY

Gelombang kedua pandemi Covid-19 di Indonesia ditandai dengan lonjakan tinggi kurva kasus terkonfirmasi Covid-19 di berbagai daerah di Indonesia, khususnya Pulau Jawa. Lonjakan kasus Covid-19 yang terjadi menjelang dan awal bulan Juli tersebut membuat keputusan untuk menjalankan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) secara darurat tidak terelakkan. PPKM diberlakukan di Pulau Jawa dan Bali pada tanggal 3-20 Juli 2021. PPKM ini mengikuti kriteria penilaian acuan World Health Organization (WHO) berdasarkan laju penularan dan kapasitas respons yang dibagi ke dalam 4 level berdasarkan kasus konfirmasi, perawatan rumah sakit, tingkat kematian, serta 3T (testing, tracing, and treatment).

Pemerintah beserta sektor pokok dan esensial tentunya diperhadapkan pada tantangan yang sulit. Mulai dari permasalahan PPKM yang dijalankan dengan dilematis, penyediaan vaksin dan obat-obatan dengan skala jumbo untuk memenuhi kebutuhan penduduk terpadat no. 4 di dunia, peningkatan permintaan klaim layanan kesehatan yang melonjak tinggi, kelangkaan gas oksigen untuk kebutuhan pasien rumah sakit, risiko keuangan yang terjadi karena produktivitas debitur dan investasi yang terhambat, serta kekhawatiran akan kebutuhan pokok atau pangan yang tidak terpenuhi.

Namun, pemberlakuan PPKM juga telah membuahkan hasil. Hal ini ditandai dengan melandainya kurva kasus Covid-19 di beberapa waktu belakangan. Selain itu, di masa PPKM, dorongan vaksinasi makin masif dilakukan pemerintah untuk menciptakan kekebalan kelompok atau herd immunity.

Lalu, sejauh mana kinerja dan pencapaian pemerintah dalam melakukan penanganan gelombang kedua pandemi Covid-19 di Indonesia? Bagaimana kinerja dan pencapaian sektor pokok dan esensial untuk mendukung pemerintah dalam upaya penanganan dan meminimalisasi dampak pandemi Covid-19? Apa tantangan yang dihadapi? Apa yang menjadi perencanaan mereka ke
depannya untuk mengakselerasi pemulihan, baik kesehatan maupun ekonomi, serta strategi untuk mencapai perencanaan tersebut?

Kegiatan webinar ini dirancang untuk memberikan pemahaman yang cukup mendalam bagi masyarakat akan sinergi pemerintah dengan sektor pokok dan esensial untuk mendukung penanganan dan meminimalisasi dampak pandemi Covid-19. Upaya dan kerja keras mereka akan dibahas secara holistik dari berbagai sudut pandang sektor yang berperan. Webinar ini juga diharapkan dapat mendorong masyarakat dan seluruh pihak akan perlunya sinergi untuk berperang melawan musuh kita yang tidak terlihat.

Date

Oct 15 2021
Expired!

Time

2:00 pm - 5:00 pm

More Info

DAFTAR
Category

Organizer

Quadrant Satu Komunika
Email
quadrantsatukomunika@gmail.com
Website
http://www.quadrant1komunika.co.id
DAFTAR

Leave a Comment